Jumat, 05 November 2010

SATU RENCANA UNTUK SEMUA

PNPM Mandiri Perdesaan merupakan salah satu program pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan dan perluasan lapangan kerja yang diimplementasikan secara partisipatif melalui proses pengambilan keputusan pembangunan secara kolektif dalam Musyawarah desa atau Antar desa. Strategi penguatan kapasitas masyarakat dalam memvitalisasi tradisi musyawarah mufakat menjadi inti kekuatan PNPM Mandiri Perdesaan, serta pembiasaan warga desa untuk mengelola dana BLM sesuai prosedur.


Proses perencanaan partisipatif pada PNPM MPd dilakukan secara berulang setiap Tahun dalam jangka waktu minimal 3 tahun. Pengulangan merupakan proses pembiasaan warga desa untuk merumuskan keputusaan pembangunan berdasarkan prinsip program yaitu ; Desentralisasi, partisipasi, Otonomi, demokrasi, Bertumpu pada pembangunan manusia, berorientasi pada RTM, Kesetaraan dan Keadilan gender, prioritas, transparansi dan akuntabilitas serta berkelanjutan.

Proses perencanaan Tahun 2010 merupakan gerbang masuk Pengintegrasian 
PNPM MPd dengan proses Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang) reguler. Implementasi pengintegrasian dimaksud tidak dapat berjalan  mulus tanpa dukungan dari Pemerintahan Desa dan Kelembaga Desa yang berkompeten dalam penyusunan RPJMDes dan RKPDes. Perlu komitmen bersama antara Fasilitator/Jalur fungsional dan struktural secara berjenjang untuk meningkatkan kualitas input, proses dan output perencanaan sesuai dengan kerangka kebijakan dalam Perencanaan Pembangunan Desa.

Sebuah harapan.. Jika saat ini Musrenbang desa hanya dilakukan untuk menggugurkan kewajiban.. puraga tamba kadenda... formalitas asal kalaksanakeun.... Mulai saat ini diharapkan setiap desa mampu rumuskan visidan strategi pembangunan desa yang terpola melalui RPJMDes. Permendagri 66 Tahun 2007 tentang Perencanaan Pembangunan Desa (PPD) serta Juknis PPD yang diterbitkan Ditjen PMD Depdagri cukup mudah untuk dipahami dan diimplementasikan segenap pelaku. Didukung dengan dana Stimulan yang disediakan pemerintah melalui DOK RPJMDes yang dikelola bersama secara transparan melalui Forum Musyawarah Antar Desa... mari kita bangun optimisme untuk menyusun SATU RENCANA UNTUK SEMUA.. RPJMDes yang disusun secara komprehensif akan jadi acuan utama setiap program yang akan masuk ke desa...

5 komentar:

  1. hmmm...
    Bangkit bersama...
    Untuk Mandiri...
    Jreng jreng jreng...
    :P

    BalasHapus
  2. shan_shan.. cari cerita yang lebih hot dong... Kita arahkan On Line ke arah yang lebih produktif..

    BalasHapus
  3. pa pepi mampir dong ke blog amatiran punyaku ni link nya : http://sekeping-episode-kehidupan.blogspot.com .. mampirr ya paaa...tinggalin jejak yaaa d shoutbox...

    BalasHapus
  4. Harapan yang tersirat 5 tahun lalu janganlah kandas.. Tugas kita belum selesai walau gonjang ganjing belum berakhir..

    BalasHapus