Jumat, 05 November 2010

Ibunda yang sangat concern pada pembangunan manusia

Walaupun tak sengaja untuk mengamati, beberapa kali saat kunjungan rutin ke kecamatan bertepatan dengan agenda kunjungan kerja K3S Kabupaten Kuningan. Seakan tanpa lelah Ibunda Utje Ch. Suganda selalu menyempatkan untuk melihat dan bercengkrama dengan masyarakat pemanfaat PNPM mandiri Perdesaan kabupaten Kuningan. Bahkan di satu waktu diminta untuk peletakan batu pertama, dengan penuh percaya diri Ibunda Utje tak canggung memegang sendok aduk.. tak ragu berpeluh.. untuk kemudian menyampaikan pesan dengan penuh wibawa... Dialah Sang Motivator..

Beberapa pesan dan kesan yang sempat dicatat tentang pembangunan manusia ;
  1. Banyak pihak berlomba meraih rupiah untuk membangun Fisik. Pembangunan jangan diartikan hanya fisik semata, membangun fisik kekuatannya tak bisa dijamin.. dibatasi umur pakai.. Sedangkan pembangunan manusia walaupun rupiahnya tak jelas akan bermanfaat sepanjang hayat juga bermanfaat untuk mempersiapkan generasi ke depan. Semoga menjadi catatan pengelola kebijakan anggaran untuk tidak menganggap tidak penting.
  2. PNPM Mandiri Perdesaan berjalan sesuai ketentuan dan berhasil mencetak kader-kader desa yang handal.. khususnya kader PKK yang berhasil memperoleh berbagai penghargaan dari kabupaten maupun provinsi. Penghargaan tersebut tentunya diharapkan dapat membangun antusiasme seluruh masyarakat dalam membina kehidupan keluarga, bermasyarakat, bernegara dengan penuh rasa tanggung jawab.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar